Home / KAJIAN / KOMUNIKASI MASSA / 5 REVOLUSI KOMUNIKASI MASSA

5 REVOLUSI KOMUNIKASI MASSA

Menurut Melvin DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach dalam bukunya Theories of Mass Communication (1989), ada lima revolusi komunikasi massa, yaitu:

1.            Zaman Tanda dan Isyarat

Zaman ini merupakan zaman paling awal dalam komunikasi manusia, komunikasi pada saat ini dilakukan dengan menggunakan tanda isyarat dan insting. Hal ini dikarenakan pada saat itu kemampuan kapasitas otak manusia masih sangat terbatas. Perkembangan otak merekapun masih sangat lamban.

2.            Zaman Bahasa Lisan

Zaman ini berawal kira-kira 300.000 tahun sampai 200.000 tahun Sebelum Masehi (SM). Zaman ini ditandai dengan lahirnya embrio kemampuan untuk berbicara dan berbahasa walaupun masih secara terbata-bata dalam kelompok masyarakat tertentu. Dari penelitian yang pernah dilakukan, kemampuan untuk berbicara dalam sistem bahasa baru terjadi sekitar 90.000 tahun sampai 40.000 tahun Sebelum Masehi (SM). Sementara itu, bahasa secara lengkap baru mulai digunakan kira-kira 35.000 tahun Sebelum Masehi (SH).

3.            Zaman Tulisan

Pada zaman ini komunikasi yang digunakan tidak lagi mengandalkan lisan, tetapi tertulis, meskipun komunikasi lisan masih digunakan. Zaman ini juga dapat disebut proses awal usaha manusia dalam usahanya merekam informasi dengan melukis atau menggambar. Bangsa mesir adalah penemu pertama pengembangan sistem glyps atau karakter simbolis. Pada mulanya mereka menggambar diatas batu. Glyps orang mesir ini dapat dijadikan alawan awal munculnya standardisasi makna. Sistem ini hambir sama dengan tulisan bangsa Cina saat ini.

4.            Zaman Cetak

Zaman cetak adalah penyempurnaan zaman tulisan, sebelum abad ke-15 orang-orang Eropa memproduksi buku-buku dengan menyiapkan manuscript (manuskrip) berupa salinan yang dicetak menggunakan tangan. Mesin cetak pertama ditemukan oleh orang Jerman yang bernama Johan Gutenberg, pada tahun 1455. Dengan membuat mesin baja untuk masing-masih huruf. Penemuan ini merupakan cikal bakal munculnya komunikasi massa. Pada abad ke-19 muncullah beberapa bentuk media cetak seperti surat kabar, buku, dan majalah yang digunakan secara luas oleh masyarakat. Media ini menjadi suatu bentuk baru dalam berkomunikasi. Media baru ini jauh lebih efisien daripada proses-proses komunikasi pada masyarakat sebelumnya.

Media baru tersebut lebih efektif sebagai mana yang dikatakan ahli sosiologi Amerika yang bernama Charles Horton Cooley yang mengatakan sebagai; 1) expressiveness (membawa perluasan gagasa dan perasaan); 2) permanent of record (mengatasi waktu); 3)      swiffness (mengatasi ruang); 4) diffusion (jalan masuk ke kelas-kelas yang ada dalam masyarakat).

5.            Zaman Komunikasi Massa

Dengan kemunculan media cetak, komunikasi pun mulai menanjak cepat. Apalagi dengan penemuan telegraf. Hal-hal ini adalah permulaan dari munculnya teknologi elektronik sekarang ini. Dengan munculnya televisi dan radio komunikasi massa semakin berkembang pula, komunikasi massa menjadi suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan modern ini. Komunikasi massa pun semakin berkembang lebih cepat lagi setelah munculnya internet sebagai bagian dari media massa. Internet ini mampu menembus ruang dan waktu dalam proses penyebaran informasi. (Nurudin, 2007: 37-62)

About abdullatiefku

Check Also

MEDIA MASSA/ PERS DAN KOMUNIKASI POLITIK

Salah satu aktor penting dalam demokrasi modern adalah media massa. Dalam masyarakat yang mayoritas menggunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *