Home / KAJIAN / DASAR KOMUNIKASI / PERSPEKTIF KOMUNIKASI menurut MILLER

PERSPEKTIF KOMUNIKASI menurut MILLER

Katherine Miller dalam bukunya “Communication Theories: Perspectives, Processes, and Contexts,” (2005) mendefinisikan perspektif sebagai “a perspective is a way of viewing or seeing a particular Phenomenon” atau dengan kata lain, kita bisa sebuat bahwa perspektif adalah cara atau metode untuk melihat atau mengamati berbagai fenomena/keadaan/situasi di sekeliling kita.

Dari hal ini, dapat kita nyatakan bahwa perspektif yang dimaksud oleh Miller tidaklah bersifat tunggal, melainkan memiliki sudut pandang (perspektif) secara multi perspektif. sehingga dalam melihat sebuah fenomena, kita tidak hanya memandangnya dengan menggunakna satu sudut pandang saja. Perspektif yang dipilih orang seseorang akan menimbulkan implikasi pada teori dan metodologi yang dimanfaatkan  serta dipahami seseorang dalam memahami suatu fenomena.

Miller dalam membahas perkembangan teori komunikasi menggunakan tiga persfektif yaitu; persfektif post positivis, persfektif interpretif, dan persfektif kritis.

Sumber :

  • Miller, Katherine. 2005. Communication Theories: Perspective, Processes, and Context. Mc.Graw.Hill.

About abdullatiefku

Check Also

Komunikasi Sebagai Proses Sosial

Dalam hubungannya dengan proses sosial, komunikasi menjadi sebuah cara dalam melakukan perubahan sosial (social change). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *