Home / KAJIAN / DASAR KOMUNIKASI / PERKEMBANGAN MAZHAB KOMUNIKASI

PERKEMBANGAN MAZHAB KOMUNIKASI

Everett M Rogers (1997), dalam bukunya . A History of Communication Study: a biographical Approach, membagi perkembangan mazhab komunikasi menjadi beberap tahapan, yaitu :

  1. Wilburn Schramm dan Penemuan Ilmu K­­omunikasi. Wilbur Schramm lahir di Marietta, Ohio pada 5 Agustus 1907, tepatnya di sebelah selatan Ohio yang diberi nama oleh penjajah Prancis. Ayahnya adalah seorang pengacara yang membuka praktek legal tetapi menyedihkan. Pada tahun 1928, ia meraih gelar sarjana muda dari universitas Marietta, dan pada tahun 1930  ia meraih gelar S2 di universitas Harvard dan gelah Ph.D dari universitas Iowa pada 1932.
  2. Dimulainya Ilmu Komunikasi di Eropa. Tiga orang intelektual dari abad ke 19 adalah berasal dari Eropa dan secara berturut-turut berasal dari Inggris, Austria, dan Jerman. Darwin, Freud, dan Marx adalah orang-orang yang merubah pemikiran dunia dari ide revolusi mereka tentang tingkah laku manusia dan social dan menjadi bagian dari perkembangan pemikiran yang mengandung komunikasi.
  3. Pertumbuhan Studi Komunikasi di Amerika. Awal munculnya studi komunikasi di Amerika adalah hasil langsung dari Eropa. Transfer ide-ide akademis di seluruh Atlantik itu sangat dipercepat dengan munculnya Hitler pada sekitar tahun 1930. Para pemikir yang dibahas di mazhab ini Antara lain: The Chicago School, Analisis Propaganda Harold Lasswell,, Kurt Lewin dan Dinamika Kelompok, Carl Hovland dan Penelitian Persuasi,                 Norbert Wiener dan Sibernetika, Pengembangan Shannon dari Teori Informasi.
  4. Pendirian Studi Komunikasi (Wilbur Schramm). Wilbur Schramm (1907-1987) adalah pendiri bidang studi komunikasi. Tanpa pelopor seperti Lasswell, Lazarsfeld, Lewin, Hovland, Wiener, dan Shannon, studi komunikasi tidak bisa mencapai status sekarang. Schramm mendirikan lembaga penelitian komunikasi di Iowa, Illinois, dan Stanford yang melakukan investigasi ilmiah, melatih Ph.D. baru dalam komunikasi, dan membawa bersama-sama bidang interdisipliner baru. Ini pelembagaan studi komunikasi memungkinkan integrasi dari teori dan metode untuk menyerang masalah komunikasi manusia (Rogers 1986, p.108).

Sumber Rujukan :

Rogers, Everett M. 1997. A History of Communication Study: a biographical Approach. New York: The Free Press.

About abdullatiefku

Check Also

Kehadiran Digital Media Berdasarkan Peta Teori dari McQuail

Berikut ini penjelasan tentang Kehadiran media digital jika dipandang dengan menggunakan 4 pendekatan peta teori …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *