Home / KAJIAN / DASAR KOMUNIKASI / TRADISI atau GENRE KOMUNIKASI

TRADISI atau GENRE KOMUNIKASI

Tradisi dalam komunikasi, awalnya  prakarsai oleh Robert Craig. Craig berpendapat bahwa ilmu komunikasi memiliki lingkup yang sangat luas, dan banyak sekali pilihan untuk dapat memecahkan masalah. Sehingga tidak dapat disatukan dalam satu lingkup yang besar. Untuk itu,  beragam teori komunikasi tersebut coba dikelompokan dengan beragam kesamaan cirinya, hal ini sebagai bagaiman yang dinyatakan oleh Robert T Craig dalam Littlejohn (2009: 52):

“Saya mengambil pandangan pragmatik dari sebuah teori. Tidak ada satupun teori komunikasi yang benar. Tetapi banyak teori yang bermanfaat untuk memikirkan permasalahan-permasalahan tertentu. Semakin banyak teori yang anda ketahui, semakin banyak banyak pilihan untuk memecahkan masalah yang berbeda yang Anda miliki. Namun keragaman kajian ini juga merupakan sumber kebingungan. Model saya menyederhanakan gambaran besar dengan memperlihatkan bahwa kebanyakan teori komunikasi datang dari sejumlah kecil tradisi-tradisi yang merepresentasikan perbedaan mendasar dari pendekatan-pendekatan praktis.”

Dari sini, dapat kita simpulkan bahwa Tradisi Komunikasi adalah tonggak dasar dari beragam  teori komunikasi yang mempunyai kesamaan, yang dapat dikategorikan menjadi tujuh tradisi komunikasi, yaitu : (1) Tradisi Semiotika (2) Tradisi Fenomonologi (3) Cybernetic (4)sosialpsicholigical (5) Budaya Sosial (6) aliran kritis dan (7) retorika.

SUMBER :

  • Littlejohn, Stephen W dan Foss, Karen A. 2009. Teori Komunikasi (edisi 9). Jakarta: Salemba Humanika.

About abdullatiefku

Check Also

Kehadiran Digital Media Berdasarkan Peta Teori dari McQuail

Berikut ini penjelasan tentang Kehadiran media digital jika dipandang dengan menggunakan 4 pendekatan peta teori …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *