Home / KAJIAN / DASAR KOMUNIKASI / UNSUR KOMUNIKASI

UNSUR KOMUNIKASI

Liliweri (2011: 39-43) memaparkan bahwa dalam komikasi, terdapat beberapa unsur yang membangunnya, antara lain : 1) Pengirim. 2) Penerima, 3)Encoding dan Decoding. 4) Pesan. 5) Saluran. 6) Noise. 7). Feedback. 8) Kerangka Pengalaman. 9) Konteks 10). Perubahan.

  1. Pengirim (sumber).

Pengirim adalah orang yang membuat pesan. (Orbe & Bruess, 2005). Dia mewakili pemikir yang ingin mempresentasikan pikiran dan pendapat tentang suatu peristiwa atau objek. Sebagai pengirim pesan yang mendukung tertentu, maka pengirim tidak perlu berada dalam posisi serba tahu atau serba tahu terhadap peneriroa, karena itu mentransmisi pesan untuk memperbaiki respon demi menyamakan persepsi terhadap pesan. Sebagai manusia biasa harus tahu tentang apa yang kita ketahui dan kenal setiap peristiwa, kita punya hak untuk melayani diri sendiri dengan melayanl orang lain.

  • Penerima.

Penerima adalah orang yang menerjemahkan pesan (Orbe & Bruess, 2005) yang diucapkan atau yang ditulis. (DeVito, 1986). Sama seperti informasi mengenal objck atau acara, maka penerima tentu saja pernah mempunyal pengalaman sekecil apa pun terhadap pesan-pesan tertentu, yang bisa sama atau berbeda dengan pengirim. Saat pesan diterima, maka orang yang saya inforsnerima menginterpretasi pesan-pesan ini kemudian dapat dikirim kembali ke pengirim.

  • Encoding dan Decoding. adalah proses di mana pengalihan ide atau maksudnya ke dalam bsimbol-simbol yang terdiri dari kata-kata atau nonverbal. (Heath & Bryant, 2000). Hasil terjemahan ide ini mewakili pesan yang akan dikirimkan kepada penerima. Sementara itu, aktivitas seorang pe-nerima adalah decoding, yaitu menerjemahkan simbal-simbol verbal dan nonverbal tadi ke dalam pesan yang bisa saja mirip, terus sama dengan, atau sangat berbeda dari apa yang diperbuat erfungsi dale oleh pengirim
  • Pesan. Pesan adalah gagasan, perasaan,a tau pemikiran yang telah di encode oleh pengirim atau di decode oleh penerima. (orbe & Brueses, 2005).
  • Saluran. Sarana untuk mengangkut atau memindahkan pesan dari pengirim kepada penerima.
  • Noise. Shanon dan Weaver dalam liliweri mengartikan noise sebagai “kebisingan”.
  • Feedback. Respin yang diberikan oleh penerima terhadap pesan yang dikirimkan oleh pengirim.
  • Kerangka Pengalaman. Pengalaman pengirim atau penerima yang berbasis pada latar belakang social, budaya, adat istiadat, pendidikan, pengetahu, interatkhsi dan relasi sosiali dan status social.
  • Konteks. Meliputi semua unsur fisik dan psikologis dari lingkungan di mana komunikasi terjadi.
  • Perubahan. Menurut mambert (1971) dalam liliweri (2011),  bahwa salah satu tujuan utama dari komunikasi adalah perubahan.

Sumber :

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi: Serba ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

About abdullatiefku

Check Also

Kehadiran Digital Media Berdasarkan Peta Teori dari McQuail

Berikut ini penjelasan tentang Kehadiran media digital jika dipandang dengan menggunakan 4 pendekatan peta teori …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *