Home / TOKOH & SEJARAH / SEJARAH KOMUNIKASI / Sejarah Ilmu Komunikasi : Tahun 1600 hingga 1700

Sejarah Ilmu Komunikasi : Tahun 1600 hingga 1700

Perkembangan Ilmu Komunikasi pada tahun 1600 hingga  1700 diwarnai dengan beberapa moment sebagai berikut :

Zaman rasionalisme dan Pencerahan dimulai, ketika isu-isu utama dalam epistemology ditetapkan oleh para filsuf periode ini.

  • René Descartes mengembangkan ide-ide tentang dasar kognitif dan rasional dari pengalaman manusia, menjadi pengaruh utama dalam pemikiran Barat di banyak cabang ilmu pengetahuan dan humaniora.
  • Jean-Jacques Rousseau menulis tentang kontrak sosial sebagai cara membangun ketertiban dalam masyarakat, sangat memengaruhi konsep orang dan kehidupan sosial Barat.
  • Immanuel Kant memperluas rasionalisme Barat dengan mengintegrasikan ide-ide tentang pengalaman empiris dan pengetahuan manusia.
  • John Milton menulis Areopagitica, yang menetapkan panggung untuk kebebasan berbicara, yang mengarah ke banyak pekerjaan dalam komunikasi publik di abad-abad mendatang.

 

Reformasi, yang dimulai seabad sebelumnya, berkontribusi pada perluasan bacaan dan perlunya interpretasi teks.

  • Matthias Flacius, seorang pengikut Luther, mengembangkan prinsip-prinsip untuk penafsiran tulisan suci.

 

 

** Konten ini menampilkan ringkasan periode perkembangan ilmu yang disadur dari buku : Encyclopedia of Communication Theory, Littlejohn, Stephen W. & Foss, Karen A. (2009). Karena berupa ringkasa, penjelasannya sangat singkat. Penelusuran lebih lanjut, dapat mengikuti ulasan teori lengkapnya dari sumber-sumber yang lain, atau ikuti terus ulasannya di www.sekolah-komunikasi.com

 

 

Sumber Rujukan  :

Littlejohn, Stephen W. & Foss, Karen A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. California: SAGE Publications, Inc.

 

About abdullatiefku

One comment

  1. wow, tulisan ini sangat menolong. saya jadi mengerti banyak hal dari artikel ini. keren!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *