Home / KAJIAN / DASAR KOMUNIKASI / RAGAM PARADIGMA PENELITIAN

RAGAM PARADIGMA PENELITIAN

Andi Mirza Ronda (2018; hal 6) memaparkan, setidaknya terdapat 6 paradigma : 1). Positivisme; 2) Post Positivisme. 3) konstruktivisme. 4) Interpretif. 5) Kritis; 6) Posmodern/postruktural.

Adapun dalam melakukan penelitian dan dalam melakukan focus penelitian, setiap peneliti memiliki cara dan acuannya tersendiri untuk setiap paradigm. 

1). Positivisme; dalam paradigm ini. Peneliti harus menjaga jarak dengan yang diteliti, haruslah bersifat objektif. Jadi, nilia-nilai subjektif peneliti ditiadakan. (Mirza: 2018, hal 11)

2) Post Positivisme. Penelitian dilakukan secara lebih alamian, pengumpulan informasi lebih situasional, pengenalan kembali penemuan sebagai suatu elemen dalam penelitian terutama pada ilmu social, memunculkan sudut andang unik untuk membantu menentukan makna dan tujuan yang dilekatkan manusia pada tindakan mereka, dan memberikan kontribusi terhadap grounded theory. (Mirza: 2018, hal 13)

3) konstruktivisme. Focus peneliti dalam paradigm ini bersifat penelitian subjektif. Sesuai teori konstruktivisme Immanuel kant yang menyatakan bahwa pengetahuan adalah hasil konstruksi manusia. (Mirza: 2018, hal 14)

4) Interpretif. Dalam paradigm ini, peneliti berusaha untuk menjelaskan makna dari setiap tindakan. Karena suatu tindakan dapat memiliki banyak arti, maka makna tidak dapat dengan mudah diungkap begitu saja. (Mirza: 2018, hal 23).

5) Kritis; paradigm ini tidak hanya menkritik ketidakadilan system dominan, melainkan berusaha mengubah system dan struktur tersebut agar menjadi lebih adil. (Mirza: 2018, hal 14)

6) Posmodern/postruktural. Paradigm ini memiliki 3 fokus pendekatan yang mencerminkan pendekatan dalam pandangan dan asumsi. Yaitu : ilmu social positif, ilmu social interpretif, dan ilmu social kritis. Yang ditambahkan lagi dengan 2 pendekatan lainnya yaitu: penelitian social feminis dan penelitian social post modern. (Mirza: 2018, hal 28)

Sumber Rujukan :

Ronda, Andi Mirza. 2018. Tafsir Kontemporer Ilmu Komunikasi. Tangerang: Indigo Media.

About abdullatiefku

Check Also

Kehadiran Digital Media Berdasarkan Peta Teori dari McQuail

Berikut ini penjelasan tentang Kehadiran media digital jika dipandang dengan menggunakan 4 pendekatan peta teori …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *